Wednesday, February 5, 2020

Animal Lover

Di rumah kami ada seekor kucing betina berwarna hitam yang sering "Patroli", kucing ini saya biasa sebut sebagai "Emak Mpus" karena melahirkan anak2nya dirumah saya lalu anak2nya di cuekin dan hanya 1 yang berhasil saya rescue.

Sepertinya sekarang - sekarang ini lagi waktunya musim kawin kucing.Karena ada 3 pejantan (salah satunya di Foto) yang "ngejar" EmakMpus untuk di kawini >> ntah mana yang berhasil 😅,selain kucing,dirumah saya ada sepasang kura - kura juga.

Anak2 pada dasarnya suka sama binatang2 dan memiliki buku tentang binatang yang berjudul "Paus si Raksasa Laut".


Raksasa Laut ini bernama Paus.Paus hidup di Laut yang luas dan dalam yang disebut Samudra.Bobot paus biru bisa mencapai 181 Ton, setara dangan 60 ekor gajah.Meskipun sangat besar,paus makan plankton,ikan kecil dan cumi cumi.

Paus bukanlah tergolong ikan.Paus adalah mamalia yang hidup dilaut.Hewan Raksasa ini bernafas dengan paru - paru.Paus adalah hewan berdarah panas,sedangkan ikan berdarah dingin.Paus betina memiliki kelenjar susu.Paus juga memiliki jantung dengan empat ruang.Paus tidak bertelur,melainkan melahirkan anaknya.

Pada saat ini dikenal dua kelompok paus, yakni paus bergigi dan tidak bergigi.Paus bergigi memakan ikan,cumi - cumi dan hewan laut lainnya.

Meskipun paus tidak bergigi berukuran lebih besar,mereka makan plankton di air dengan cara menyaring dengan mulut mereka yang seperti sikat.

Paus bergigi memiliki satu lubang pernapasan, sedangkan paus tidak bergigi memiliki dua lubang pernapasan.Paus bergigi masih berkerabat dengan lumba - lumba.Hidung Paus ada diatas kepala.

Lihat,ada air mancur keluar dari hidung paus!
Ternyata , demikianlah cara paus bernapas.Semburan itu adalah udara yang dilepaskan dari paru - paru paus.

Udara itu mengandung uap air yang suhunya lebih panas dari udara luar sehingga dari kejauhan terlihat seperti air mancur.

Meskipun paus bertubuh raksasa,dia dapat menyelam hingga kedalaman 800 - 1000 meter dan kembali ke permukaan dalam waktu hanya 15 - 20 detik.Tuhan membuat tulang pais dari bahan berongga yang berisi minyak sehingga paus bisa mudah mengapung di permukaan air.

Amatilah badan Paus baik - baik.Bentuk badan paus yang seperti torpedo membuatnya mudah saat berenang.Ikan umumnya memiliki ekor yang vertikal.Sementara bentuk ekor paus yang sejajar dengan air membuatnya mudah mendorong badannya ke depan.

Dibawah kulit paus terkandung lapisan lemak setebal 50 cm.Untuk apa lemak sebanyak itu?Lemak itu sangat berguna untuk menjaga suhu badan paus agar tetap 34 - 37 derajat Celcius.Akan tetapi, lemak ini pula yang diincar pemburu paus.

Ada yang unik dari jenis paus abu-abu, mereka akan bermigrasi pada setiap bulan Desember dan Januari.Paus abu-abu berpindah dari laut utara ke Pantai Selatan Amerika Utara sampai California. Perpindahan mereka ke air yang lebih hangat untuk melahirkan anak.

Paus betina yang hamil berpuasa selama perjalanan itu.Itu karena sebelumnya ia sudah makan yang banyak di Laut Utara sehingga masih menyimpan tenaga.Ketika lahir, bayi paus abu-abu menyusu pada induknya.Air susu disemprotkan induknya langsung ke mulut bayi.Hebatnya, air susu itu tidak dapat tercampur dengan air laut.

Mata paus memiliki lapisan berminyak yang tembus pandang untuk melindungi mata.Paus juga punya indera peraba dan pendengaran yang tajam.Mereka mengetahui arah di dalam air dan mengikuti suara, mirip radar.Paus juga menggunakan suara itu untuk berkomunikasi.

Keberadaan paus - paus saat ini mulai terancam punah karena terus diburu. Padahal , paus sudah dilindungi oleh komunitas internasional sejak tahun 1966.

Setiap kali saya bacakan buku tersebut mengajarkan Kasih sayang pada tiap Makhluk CiptaanNya.Anak2 merasa kasihan karena Paus yang sangat luar biasa sering di buru dan tinggal sedikit.

#Hari4
#Tantangan10Hari
#Level10
#GrabYourImagination
#KuliahBunsayIIP

No comments: