Tuesday, April 10, 2012

Pulau Sempu



Sempu adalah sebuah pulau kecil yang berada di sebelah selatan Pulau jawa,letaknya ada di Kabupaten Malang - Jawa Timur.Sempu termasuk dalam kawasan hutan lindung,di dalam pulau ini hampir tidak ditemukan mata air Payau.Pulau ini memiliki luas sekitar 877 hektar, berbatasan dengan Selat Sempu (Blue Spring) dan dikelilingi Samudera Hindia pada sisi selatan , Timur dan Barat.Pulau Sempu dapat ditempuh dari Malang melalui Pantai Sendang Biru, dengan penyeberangan menggunakan perahu nelayan, serta harus mendapat izin dari petugas terkait.

Daratan Pulau Sempu Cagar Alam memiliki tiga danau yaitu:

> Danau Danau Lele dengan daerah sekitar ± 2 ha, yang merupakan danau air tawar, danau ini terletak di daerah timur cagar alam.Rute ke danau lele ini harus kita lewati dengan membelah dataran rendah hutan tropis yang menjadi jenis ekosistem yang menempati area terbesar dan tersebar hampir di seluruh wilayah, sehingga menjadi ciri utama kawasan Cagar Alam Pulau Sempu. Struktur hutan tropis ditandai oleh adanya vegetasi yang terdiri dari tiga atau empat lapis komposisi tajuk pohon.ketika berjalan, dengan keberuntungan kita dapat melihat penghuni Pulau ini.


> Danau Segoro anakan dengan luas ± 4 ha yang merupakan danau air asin.Danau ini berada di sebelah barat Daya cagar alam ini.Danau ini lebih seperti danau kecil yang dikelilingi oleh terumbu karang yang membatasi laut. Yang Memasok air ke danau ini berasal dari sebuah batu berlubang besar di tengah, yang secara berkala memberikan pemandangan indah percikan-percikan gelombang air yang menghantam karang yang sebagian besar air yang mengalir ke Segara Anakan. Selain berenang di kolam raksasa, pengunjung juga dapat bersantai dengan melakukan kegiatan lain seperti bermain voli pantai, snorkeling, atau kano.

> Danau Sat seperti namanya adalah danau kering di musim kemarau dan diisi dengan air selama musim hujan. Danau ini pada musim kemarau biasanya digunakan fauna herbivora seperti Rusa misalnya sebagai sumber makanan atau merumput. Pada musim hujan karena lokasi ini terdapat air yang kemudian digunakan sebagai tempat minum.

Pulau Sempu juga memiliki 3 pantai, yaitu:

> Pantai Pasir Kembar yang Dipisahkan oleh sebuah bukit kecil dari danau Segara anakan. Bernama 'pasir kembar' karena sebenarnya ada dua pantai di sini yang dipisahkan oleh karang penghalang. Dengan pasir putih dan ombak tidak terlalu besar dan pohon-pohon rindang di sepanjang pantai.



> Pantai pasir panjang, Mengapa bernama pantai pasir panjang??? Anda dapat melihatnya ketika Anda mengunjungi Pulau Sempu.


> Pantai Waru - Waru : Pantai Waru - Waru adalah tempat kami di jemput dengan sebuah perahu yang akan membawa kita kembali ke Sendang BIru.Di lokasi ini kita dapat melakukan kegiatan seperti berenang, menyewa perahu, dan juga dapat digunakan untuk mendirikan kemah. Pantai ini dapat digunakan sebagai lokasi alternatif jika pengunjung merasa terlalu berat untuk berkemah di lokasi yang terletak di dalam Sempu.For mereka yang menyukai suasana alam yang asli, jauh dari kebisingan kehidupan modern, Pulau Sempu memberikan solusi , hanya saja jangan berharap ada hotel bintang lima, tetapi membawa tempat tidur sendiri.Pada kawasan ini terdapat ” Goa Air Tawar ” yang terletak ± 25 meter dari pantai pada ketinggian 25 meter di atas permukaan air laut. Panjang (kedalaman) goa sekitar 20 meter dan bagian dalam lebarnya 3 - 5 meter serta berlantai kering. Goa ini bagi masyarakat setempat yang masih percaya akan kegaiban Alas Sempuh, merupakan tempat untuk bertapa (semedi).




Tips & Trik:

menghemat uang:
Jika uang anda terbatas dan ingin pergi ke Pulau Sempu sebaiknya berangkat sore hari sekitar jam 5 sore dari Malang, diperkirakan akan memasuki wilayah Sendang Biru malam pukul 21.00 ketika penjaga stan itu kosong (tidak akan membayar tiket masuk hehe).
Setelah izin penjaga untuk menyeberang ke pulau Sempu, hanya Rp. 500 - Rp. 1000 per orang. Sekarang masuk ke Pulau Sempu agak ketat, peraturan dengan dalih Pos Penjagaan Pulau Sempu adalah cagar alam, berkemah tidak boleh dilakukan kecuali penelitian, takut kotor. Tapi semua itu bisa ditebus dengan membeli tiket masuk bea meterai jumlah sekitar Rp 15.000-20.000 per orang.

naik angkutan umum:
Surabaya-Arjosari (Bus) -> Arjosari-Gadang (angkutan umum) -> Gadang-Turen (angkutan umum), Turen-Sendang Biru (Colt) -> Sendang Biru-Sempu (Perahu).
catatan: - jika diatas 10 orang, Anda harus menyewa Colt dari gadang / Arjosari langsung ke Sendang biru, akan lebih efisien dalam waktu dan usaha,dengan biaya sewa sekitar Rp 150000-200000.

Survive sambil menikmati alam:
Disarankan untuk membawa sirup / NutriSari / norit dan kondom. Kondom dapat berfungsi untuk menempatkan air (dalam keadaan mendesak) dan dapat menampung sekitar 1 liter air,norit untuk menetralisir racun dalam air, sirup / NutriSari sebagai penambah glukosa untuk stamina tubuh. Menurut pengalaman pertama di Pulau Sempu ketika kehabisan air ketika malam tiba,satu-satunya cara untuk bertahan hidup adalah dengan :
- Panjat tebing di pulau Sempu yang meneteskan air tawar murni yang berasal dari akar tanaman yang tumbuh di atasnya, bisa ditampung di botol Aqua (hati-hati dicuri kera).

- PAL ke 13 sebelah kiri (dari anakan Segara) ada genangan sumber air, biasanya hewan kecil2 berkumpul di sana untuk minum, air diendapkan dulu beberapa saat sampai kotoran mengendap kemudian bisa direbus atau diminum langsung setelah dinetralisir. Ketika musim hujan air akan bau / rasa tanah.

Sebuah botol air mineral kosong (besar) dapat digunakan sebagai pelampung tangan saat berenang di bagian segara anakan yang dalam.Sedikit masuk ke tengah-tengah kondisi dasar laut yang baik, penuh dengan ratusan gerombolan ikan yang kadang terbang dan menghantam kaki kita dan karang2.

2 comments:

taruhan bola said...

pulau sempu asyilk,,,,,

sewa ac said...

baru denger namanya pulau sempu..padahal saya tinggal di pulau jawa. mungkin karena jarang jalan2 jadi ga pernah denger namanya pulau sempu