Wednesday, April 11, 2012

Air Terjun Sedudo


Air Terjun Sedudo adalah sebuah obyek wisata alam yang terletak di Desa Ngliman Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Jaraknya kurang lebih 30 km ke arah selatan ibukota kabupaten Nganjuk. Terletak di ketinggian 1438 meter di atas permukaan laut, dengan ketinggian air terjun sekitar 105 meter. Air Terjun ini memiliki fasilitas cukup bagus dan jalur transportasi yang mudah diakses.



Masyarakat setempat masih mempercayai air terjun ini memiliki kekuatan Supranatural (Kekuatan Magis). Lokasi wisata alam ini dikunjungi oleh penduduknya pada Bulan Sura (kalender Jawa). Sejak jaman Majapahit,berkembang Mitos bahwa pada bulan itu dipercaya membawa keberuntungan bagi pemuda-pemudi yang mandi di air terjun tersebut.

Setiap Tahun Baru Jawa, air terjun Sedudo biasanya digunakan untuk upacara ritual, yaitu memandikan patung dalam upacara Prahista Parna, sisa airnya kemudian di percikkan pada anggota keluarga untuk mendapatkan berkah keselamatan dan awet muda. Hingga saat ini Kabupaten Nganjuk secara rutin melaksanakan ritual mandi Sedudo setiap Suro 1.

Wisatawan yang berminat berkunjung ke Sedudo dapat menempuh akses mencapai Kota Nganjuk dari arah Surabaya atau Yogyakarta. Dari arah Surabaya, Nganjuk berjarak sekitar 110 km, sedangkan dari Yogyakarta sekitar 200 km. Perjalanan dapat ditempuh dengan angkutan umum berupa bus maupun kendaraan pribadi.

Dari Kota Nganjuk, wisatawan masih harus menempuh perjalanan sejauh 30 km ke arah selatan ibu kota kabupaten. Jalur transportasi ke arah lokasi wisata terbilang baik karena jalannya yang mulus. Namun demikian, karena lokasinya di gunung, jalan menuju Air Terjun Sedudo cenderung menanjak, naik-turun, dan berkelok-kelok. Kondisi jalan seperti ini tentu sulit untuk dilewati oleh kendaraan umum seperti bus. Oleh karena itu, bila berniat berwisata ke air terjun Sedudo, sebaiknya gunakan kendaraan pribadi roda empat non-bus.

Bagi wisatawan yang naik angkutan umum juga bisa. Dengan akses dari terminal Kota Nganjuk naik angkutan umum jurusan Sawahan, lalu sampai di pemberhentian terakhir di Pasar Desa Sawahan. Sampai di situ kita dapat memanfaatkan layanan jasa angkutan ojek hingga mencapai lokasi wisata Air Terjun Sedudo.

No comments: